E-LEARNING PLUS
Catatan & Catutan Zul Alimin selama berinteraksi dengan dunia teknik,..
Home Software IT Energi Power Air Conditioning Electronic TENTANG KAMI GELERY DOWNLOAD
Manfaatkan teknologi untuk memudahkan anda melakukan sesuatu hal dalam hidup anda..

Teknik perbaikan peralatan rumah tangga

Pendahuluan;
Dalam dunia elektronik ada tiga kata yang sering kita dengar, yang pertama adalah penggunaan barang , yang kedua perawatan barang, dan yang ketiga adalah perbaikan barang.

Penggunaan adalah cara menggunakan sebuah peralatan itu sesuai dengan petunjuk pemakaian dari pabrik pembuat agar produk yang akan dipakai berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.Biasanya setiap pabrik pembuat selalu menyertakan buku petunjuk pemakaian disetiap produknya.Ketika kita memulai memakai suatu barang elektronik, biasakanlah untuk membaca cara penggunaan yang benar suatu barang, kebanyakan dari orang kita (indonesia) selalu malas untuk membacanya dan akibatnya banyak suatu peralatan yang biasanya tidak terpakai secara maksimal, bahkan sampai berakibat fatal rusak karena salah dalam menggunakan.

Perawatan lebih kepada kegiatan menjaga sebuah peralatan yang digunakan agar selalu terjaga, dapat bertahan lama, awet atau tetap dalam kondisi bagus kegiatan ini umumnya bisa dilakukan pengguna. Agar semua barang yang kita gunakan dapat bertahan lama, maka lakukanlah perawatan berkala dengan cara membersihkannya dari kotoran yang mungkin dapat mengganggu fungsi.


Sedangkan Perbaikan (service) adalah upaya merekondisikan kembali suatu peralatan yang sudah tidak berfungsi lagi sehingga dapat digunakan lagi sebagaimana mestinya.
Tidak semua orang bisa memperbaiki suatu peralatan elektronik, namun ada juga beberapa tip dan trik mudah yang mungkin dapat kita lakukan sebelum memanggil ahli service memperbaiki peralatan kita yang rusak diantaranya;


1.Mengecek sumber tegangan, baik yang menggunakan battery ataupun yang menggunakan listrik, hal sepele yang biasa kita tidak cek terlebih dahulu misalnya AC rumah kita tidak mau hidup lagi, padahal kadangkala hanya karena battery remote yang kita pakai sudah tidak punya daya lagi.

2.Mengecek Stop kontak listrik, terkadang stop kontak listrik ada yang longgar, atau tanpa disadari terpencet saklar off, namun hal hal sepele ini dapat membuat kita kebingungan kalu tidak diteliti terlebih dahulu.

Nah itu mungkin hal hal yang perlu kita ketahui sebelum kita benar benar memutuskan memanggil ahli service atau mengantarkannya ke bengkel.

Selanjutnya kita akan masuk ke ranah service, lankah langkah pengecekan dan menganalisa hal hal yang bisa rusak pada peralatan rumah tangga, silahkan klik item mana yang mungkin dianggap perlu;

1.Cara Perbaikan setrika Listrik
2.Cara Perbaikan Kipas Angin
3.Cara Perbaikan Dispenser/ pemanas air
4.Cara Perbaikan Rice cooker/ pemasak nasi
5.Cara Perbaikan Televisi
6.Cara Perbaikan Jaringan listrik/ stop kontak
1 comments:

makasih infonya, kalau ada peralatan elektronik yg rusak bisa benerin sendiri deh hehe.


Post a Comment

Bagi Lembaga pendidikan yang ingin menjalin kerjasama dengan kami silahkan hubungi/ email ke zulalimin@gmail.com

WATER POWER ENERGY

MECHANICAL SYSTEM

MECHANICAL SYSTEM

Facebook Pengelola Blog

Tinggalkan Pesan Anda


About Me

My photo
Please save My contact: Email: Zulalimin@gmail.com

Mau Gabung jadi agen perubahan skill anak negri??
Klik di sini (Info Blog)

Link Terkait

Labels